Skripsi
STRATEGI GASTRODIPLOMASI INDONESIA DALAM UPAYA NATION BRANDING DI BELANDA TAHUN 2021-2022
Gastrodiplomasi merupakan bagian dari Diplomasi Publik dan Budaya, Gastrodiplomasi digunakan untuk membuat citra baik dengan menggunakan makanan sebagai alat untuk merubah cara pandang Individu maupun Kelompok menjadi positif terhadap suatu Negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Gastrodiplomasi Indonesia dalam menciptakan Nation Branding Negara Indonesia di Belanda. Penelitian ini Dianalisis menggunakan Teori Juyan zhang yaitu Mapping and comparing The Gastrodiplomacy Strategy, terdiri dari enam Strategi yaitu, product Marketing Strategy, Food Event Strategy. Coalition-Building Strategy, Media Relation Strategy, Opinion Leaders Strategy, dan Education Strategy. Penulis menggatakan metode penelitian kualitatif-deskriptif dengan menggunakan data sekunder, yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung atau melalui dokumen-dokumen, artikel, jurnal, laporan maupun website resmi Pemerintah. Hasil dari penelitian ini melalui penerapan enam Strategi Mapping and comparing the Gastrodiplomacy Strategys telah membuktikan bahwa Indonesia sudah melakukan Gastrodiplomasi melalui Makanan Indonesia di Belanda, sejarah Indonesia dan Belanda mendukung adanya persamaan budaya makan Indonesia dan Belanda sehingga memudahkan aktor pemerintah maupun non- aktor pemerintah dalam mempromosikan makanan Indonesia di Belanda. Hal ini telah mencapai negara Indonesia dalam menciptakan Nation Branding makanan Indonesia di Belanda.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407002746 | T144070 | T1440702024 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available