Text
DESAIN MODEL MANAJEMEN PENGETAHUAN BERDASARKAN MODEL SECI DAN ZACK GAP ANALYSIS UNTUK BRANDING INDUSTRI JASA OLAHRAGA
Industri jasa olahraga menghadapi tantangan dalam membangun ekuitas merek dan memerlukan strategi branding yang efektif untuk meningkatkan daya saingnya. Namun, terdapat kesenjangan pengetahuan antara penyedia jasa dan konsumennya yang dapat memengaruhi efektivitas strategi branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model manajemen pengetahuan dengan memodifikasi Model SECI menggunakan Model Zack Gap Analysis guna mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan tersebut. Data penelitian diperoleh dari basis data aplikasi Taekwondo Indonesia Integrated System (TIIS) dan penyebaran kuesioner kepada atlet. Digunakan algoritma K-medoids untuk mengelompokkan atlet dalam dua cluster. Dilakukan juga penerapan regresi linier berganda untuk membentuk model ekuitas merek. Penelitian ini menghasilkan sebuah model manajemen pengetahuan baru bagi branding industri jasa olahraga, yang diberi nama SECI-ZeBra, untuk strategi branding yang lebih terarah. Model ekuitas merek yang terbentuk menunjukkan bahwa brand awareness memiliki pengaruh terbesar terhadap keputusan tetap bergabung dalam club/ dojang, diikuti oleh brand loyalty, perceived quality, dan brand association. Implementasi dari SECI-ZeBra KM Model menghasilkan strategi branding berbasis data yang dapat meningkatkan efektivitas pemasaran penyedia jasa olahraga. SECI-ZeBra KM Model juga dapat diterapkan pada bidang usaha jasa lainnya selain olahraga.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507002811 | T173346 | T1733462025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available