Skripsi
PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM JUAL BELI SECARA ONLINE PRODUK GAWAI BEKAS (STUDI PERBANDINGAN PADA SHOPEE DAN TOKOPEDIA)
Perkembangan transaksi jual beli secara daring atau e-commerce memberikan kemudahan bagi konsumen, namun juga menimbulkan risiko hukum, khususnya dalam pembelian produk gawai bekas. Produk bekas rentan terhadap informasi yang tidak sesuai, barang rusak, atau penipuan, yang dapat merugikan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis regulasi perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi gawai bekas di platform Shopee dan Tokopedia, serta membandingkan bentuk penyelesaian sengketa yang diterapkan oleh kedua platform. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Shopee dan Tokopedia telah menerapkan bentuk perlindungan hukum preventif dan represif, seperti sistem escrow, kebijakan pengembalian dana, serta pusat resolusi internal. Namun, masih terdapat ketidaksinkronan regulasi dan minimnya keterlibatan aktif pemerintah dalam pengawasan, yang menimbulkan ketidakpastian hukum bagi konsumen. Oleh karena itu, perlu peningkatan transparansi dan tanggung jawab dari pelaku usaha, serta peran aktif pemerintah dalam menyusun regulasi yang lebih teknis dan pengawasan terpadu guna menjamin kepastian hukum dan perlindungan maksimal bagi konsumen dalam ekosistem digital. Kata Kunci: E-Commerce, Gawai Bekas, Perlindungan Konsumen, Shopee, Tokopedia
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003889 | T177630 | T1776302025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available