Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN BUKU AJAR CAD DASAR TERHADAP KEMAMPUAN 4C MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE COLLABORATIVE LEARNING
Riset ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan buku ajar CAD Dasar terhadap kemampuan 4C mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya menggunakan metode collaborative learning. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berasal dari mahasiswa aktif Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya yang berjumlah 60 sampel. Instrumen penelitian menggunakan angket dan lembar pengamatan angket. Hasil penelitian Rata-rata keseluruhan kemampuan 4C pengalaman mahasiswa PTM adalah kelas eksperimen 71% kategori tinggi dan kelas kontrol 68% kategori rendah. Rata-rata keseluruhan kemampuan 4C pengalaman mahasiswa PTM adalah kelas eksperimen 90% kategori sangat tinggi dan kelas kontrol 80% kategori tinggi. Kesimpulan dari hasil uji pra-syarat dan uji t pada hipotesis penelitian terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan buku ajar mata kuliah CAD dasar terhadap kemampuan 4C mahasiswa menggunakan metode collaboative learning.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407002323 | T142844 | T1428442024 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available