Text
KLASIFIKASI KEMARAHAN PADA KOMUNITAS MARAHMARAH DI PLATFORM MEDIA SOSIAL TWITTER
Penelitian ini membahas ekspresi kemarahan dalam Komunitas Marah-Marah di platform media sosial X. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan bentuk kemarahan yang diekspresikan oleh anggota komunitas serta menganalisis makna denotatif, konotatif, dan mitos menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotika, penelitian ini mengidentifikasi delapan kategori utama kemarahan dalam komunitas tersebut yaitu masalah percintaan, masalah keluarga, masalah studi, masalah pekerjaan, masalah personal, masalah interpersonal, frustasi terhadap pelayanan publik, dan kemarahan terhadap publik figur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemarahan dalam komunitas ini memiliki makna yang berlapis. Secara denotatif, kemarahan adalah reaksi emosional dasar yang muncul sebagai respon langsung terhadap stimulus yang dianggap mengganggu, menyakiti, atau mengancam individu. Secara konotatif, kemarahan memiliki makna lebih dalam, simbolis, dan kontekstual tergantung pada budaya, pengalaman sosial, dan nilai-nilai yang melatarbelakanginya. Sementara itu, dalam konteks mitos, kemarahan adalah konstruksi sosial yang dimaknai sebagai hal yang lumrah, bahkan dibenarkan oleh masyarakat dalam konteks tertentu. Kata Kunci: Klasifikasi Kemarahan, Komunitas Marah-Marah, Media Sosial X, Semiotika Roland Barthes
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507002861 | T173415 | T1734152025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available