The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENERAPAN MODEL INDOBERT DALAM ANALISIS SENTIMEN: STUDI KASUS ULASAN PENGGUNA MOBILE JKN

Text

PENERAPAN MODEL INDOBERT DALAM ANALISIS SENTIMEN: STUDI KASUS ULASAN PENGGUNA MOBILE JKN

Triasputra, Fikri - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Perkembangan teknologi digital mendorong instansi pemerintah, termasuk BPJS Kesehatan, untuk menyediakan layanan berbasis aplikasi guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah aplikasi Mobile JKN. Namun, kepuasan dan pengalaman pengguna berperan penting dalam mengevaluasi efektivitas aplikasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna terhadap aplikasi Mobile JKN dengan menggunakan model pemrosesan bahasa alami berbasis IndoBERT. Penelitian ini mengumpulkan 4000 data ulasan pengguna dari Google Play Store, kemudian data tersebut diproses melalui tahapan pembersihan teks, pelabelan manual, pembagian data, serta klasifikasi sentimen menggunakan model IndoBERT. Kinerja model dievaluasi menggunakan F1-score dan confusion matrix untuk menilai akurasi dalam memprediksi sentimen. Dari hasil analisis, ditemukan bahwa 59,7% ulasan bersentimen negatif, dengan ketidakpuasan pengguna terhadap fitur atau fungsi tertentu yang tidak berfungsi dengan baik, terutama dalam proses pendaftaran atau verifikasi yang bermasalah. Sementara itu, 40,3% ulasan mengandung sentimen positif, yang mengindikasikan bahwa pengguna menghargai kualitas pelayanan dan kemudahan akses yang diberikan oleh aplikasi. Model IndoBERT menunjukkan tingkat akurasi yang tinggi dalam klasifikasi sentimen, yakni sebesar 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model IndoBERT mampu mengklasifikasikan sentimen dengan tingkat akurasi yang baik dan efektif dalam memahami konteks bahasa Indonesia. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembang aplikasi dalam meningkatkan kualitas dan kenyamanan layanan Mobile JKN berdasarkan perspektif pengguna.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2507002864T173518T1735182025Central Library (Reference)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1735182025
Publisher
: Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya., 2025
Collation
viii, 41 hlm.: Ilus., tab.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
005.360 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Sistem informasi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
EM
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENERAPAN MODEL INDOBERT DALAM ANALISIS SENTIMEN: STUDI KASUS ULASAN PENGGUNA MOBILE JKN
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search