Skripsi
PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS KETIDAKSESUAIAN BARANG YANG DIBELI PADA MARKETPLACE SHOPEE
Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Atas Ketidaksesuaian Barang Yang Dibeli Pada Marketplace Shopee ABSTRAK Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi internet berkembang dengan cepat, termasuk dalam aspek ekonomi. E-commerce, yang merupakan kegiatan jual-beli secara online tanpa adanya pertemuan langsung antara penjual dan pembeli, menjadi salah satu fenomena yang mengalami pertumbuhan pesat. Marketplace Shopee digunakan sebagai media transaksi dalam jual beli online. Pelaku usaha dapat menawarkan produk kepada konsumen melalui transaksi online di Shopee. Namun, seringkali terjadi kecurangan di mana pelaku usaha tidak memenuhi kewajibannya dengan tidak mengirimkan barang sesuai dengan penawaran yang diajukan. Penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen dalam perjanjian jual beli melalui Shopee dan juga untuk mengetahui proses pertanggungjawaban pelaku usaha di Shopee atas kerugian yang diterima konsumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian normatif yang dilakukan melalui studi kepustakaan, dengan menggunakan metode pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perlindungan konsumen terdiri dari perlindungan preventif dan represif (baik melalui litigasi maupun non-litigasi), sementara tanggung jawab pelaku usaha mencakup tanggung jawab mutlak (strict liability) dan product liability. Pelaku usaha yang melakukan wanprestasi terhadap konsumen dalam transaksi jual beli Shopee diharuskan memberikan ganti rugi, entah berupa pengembalian uang atau sesuai dengan kesepakatan awal perjanjian.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407002188 | T142385 | T1423852024 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available