The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of OPTIMASI MASSA RANGKA MOBIL URBAN DENGAN SIMULASI METODE ELEMEN HINGGA

Skripsi

OPTIMASI MASSA RANGKA MOBIL URBAN DENGAN SIMULASI METODE ELEMEN HINGGA

Dwinanda, Devry - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Rangka merupakan salah satu bagian paling penting pada suatu kendaraan dimana tempat menopangnya seluruh bagian pada kendaraan seperti penumpang dan mesin kendaraan itu sendiri. Rangka yang diinginkan adalah memiliki kekuatan yang baik dan massa yang ringan. Agar mendapatkan kekuatan dan massa yang baik, maka dapat dilakukan proses optimasi pada desain rangka tersebut dan melakukan simulasi tegangan statik berbasis rnetode elemen hingga pada desain rangka kendaraan, sehingga mendapatkan nilai batas tegangan maksimum, defleksi, faktor keamanan, dan massa. Faktor keamanan yang diambil pada penelitian ini adalah 4, agar tidak terjadi kegagalan pada saat pemakaian pada desain rangka tersebut. Dengan membandingkan nilai yang dihasilkan dari simulasi, maka akan didapatkan massa rangka yang paling efisien, dimana pada penelitian ini dilakukan pada rangka mobil urban. Mobil urban ini pada desain awalnya rnerniliki profil batang persegi panj ang berturut-turut panj ang X lebar X tebal sebesar 100mm x 25mm X lmm. Dengan nilai profil batang tersebut maka dilakukan proses optimasi sebanyak tiga kali dengan pengurangan panjang pada profil batang menjadi 85mm, 70mm, dan 55mm. Dari hasil simulasi tegangan statik pada desain rangka awal dan yang telah dioptimasi, desain awal memiliki batas tegangan maksimum, defleksi, faktor keamanan, dan massa bertirut-turut sebesar 25,68MPa, 0,45m1n, 5,6, dan 7,52kg. Optimasi 1 didapatkan hasil yaitu, 2l,74MPa, O,59mrn, 6,6, dan 6,94kg. Optimasi 2 didapatkan hasil yaitu, 26,92MPa, 0,86m1n, 5,3, dan 6,36kg. Optimasi 3 didapatkan hasil yaitu, 36,55MPa, 1,34mm, 3,96, dan 5,77kg. Dari hasil simulasi ini, maka dapat disimpulkan bahwa desain profil batang pada ranga mobil urban yang paling efisien adalah pada optimasi 1, karena rnemiliki massa yang lebih ringan dan faktor keamanan yang besar.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
1807001737T5230T52302018Central Library (References)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T52302018
Publisher
Inderalaya : Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya., 2018
Collation
xxv, 33 hlm. : ilus. ; tab. ; 28 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
629.220 7
Content Type
Text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Prodi Teknik Mesin
Teknik Otomotif
Rangka Mobil
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
DS
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • OPTIMASI MASSA RANGKA MOBIL URBAN DENGAN SIMULASI METODE ELEMEN HINGGA
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search