Skripsi
DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TEHADAP PERILAKU TEMPER TANTRUM PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN (STUDI KASUS DI DESA SENURO)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap perilaku temper tantrum pada anak usia 4–6 tahun di Desa Senuro. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap orang tua dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget berdampak cukup tinggi terhadap perilaku tantrum anak, terutama karena sebagian besar anak menggunakan gadget tanpa pengawasan orang tua. Durasi penggunaan gadget berkisar antara 2 hingga 5 jam per hari, rata-rata penggunaanya sejak umur 3-4 tahun dan perilaku tantrum yang muncul meliputi menangis, marah, membanting barang, hingga berteriak ketika keinginannya terhadap gadget tidak terpenuhi. Strategi yang diterapkan oleh orang tua untuk mengatasi tantrum meliputi membujuk, mengalihkan perhatian, memberikan batasan waktu, serta menyediakan aktivitas alternatif seperti menggambar atau bermain di luar. Pengawasan dan keterlibatan aktif orang tua terbukti penting dalam mendukung perkembangan emosional anak dan mencegah ketergantungan terhadap perangkat digital sejak usia dini. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Gadget, Temper Tantrum
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003761 | T177192 | T1771922025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available