Text
PERAN HARAPAN TERHADAP ACADEMIC ADJUSTMENT PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran harapan terhadap academic adjustment pada mahasiswa tahun pertama. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada peran harapan terhadap academic adjustment. Populasi penelitian ini merupakan mahasiswa tahun pertama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 287 orang serta 70 orang untuk uji coba yang diambil menggunakan teknik accidental sampling. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah academic adjustment yang mencakup aspek motivation, application, performance, dan academic environment dari Baker dan Syirk (1984) serta harapan yang terdiri dari tiga aspek, yaitu goals, pathway thinking, dan agency thinking dari Snyder (2002). Data dikumpulkan menggunakan skala Likert yang disusun oleh peneliti sendiri. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) dengan nilai R square sebesar 0,297 yang mengindikasikan bahwa harapan berperan signifikan terhadap academic adjustment, dengan sumbangan efektif sebesar 29,7%. Hal ini menunjukkan bahwa harapan memiliki peran yang signifikan terhadap academic adjustment pada mahasiswa tahun pertama, sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507002050 | T169652 | T1696522025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available