Text
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PEMODELAN MATEMATIS PADA MATERI ALJABAR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran berbasis pemodelan matematis pada materi aljabar. Subjek penelitian terdiri dari 19 siswa kelas VIII Kuwait. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang meliputi tiga tahap: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis Dengan 4 butir soal uraian serta wawancara terhadap sampel dari setiap kategori kemampuan pemecahan masalah. Data hasil tes dianalisis berdasarkan indikator pemecahan masalah dengan cara memberikan skor dan mengkategorikan kemampuan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP IT Ishlahul Ummah Prabumulih beragam, di mana siswa dengan kategori sangat baik menunjukkan kemampuan pemecahan masalah yang sangat tinggi, sementara siswa dalam kategori baik memiliki kemampuan yang sesuai dengan tingkatannya, dan siswa dalam kategori cukup memiliki kemampuan yang kurang baik. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran matematika yang lebih efektif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507002053 | T169961 | T1699612025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available