The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII

Text

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII

Irawan, Yusri - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk melihat respons dan hasil belajar peserta didiik pada penerapan pembelajaran berbasis computational thinking pada materi Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) berdasarkan 4 indikator computational thinking yaitu decomposition, pattern recognition, abstraction, dan algorithm. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Indralaya Selatan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa; 1) penerapan pembelajaran berbasis computational thinking pada materi PLSV dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 68,52%, dimana tahap decomposition 82,81% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu menyederhanakan masalah, tahap pattern recognition, 85,94% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu mengenali pola, 84,38% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu menyaring informasi, dan tahap algorithm 43,75% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu dalam mengembangkan langkah. 2) peserta didik dengan kategori tinggi dengan nilai di atas 35,49 sebanyak 4 peserta didik dengan persentase sebesar 15%, Peserta didik dengan kategori sedang dengan nilai diantara 8,48 dan 35,49 sebanyak 21 peserta didik dengan persentase 78%, dan peserta didik dengan kategori rendah dengan nilai di bawah 8,48 terdapat sebanayak 2 peserta didik dengan persentase 7%, dengan persentase rata-rata pada tiap indikator didapatkan kemampuan computational thinking peserta didik pada indikator decomposition yaitu 13,27%, pattern recognition 46,60%, abstraction 21,30%, dan algorithm 7,41% yang dimana indikator algorithm menjadi indikator dengan persentase terendah.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2507002027T169886T1698862025Central Library (Reference)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1698862025
Publisher
: Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2025
Collation
ix, 62 hlm.; ill.; tab.; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
370.07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pendidikan
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
EM
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search