Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII
Penelitian ini bertujuan untuk melihat respons dan hasil belajar peserta didiik pada penerapan pembelajaran berbasis computational thinking pada materi Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) berdasarkan 4 indikator computational thinking yaitu decomposition, pattern recognition, abstraction, dan algorithm. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Indralaya Selatan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa; 1) penerapan pembelajaran berbasis computational thinking pada materi PLSV dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 68,52%, dimana tahap decomposition 82,81% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu menyederhanakan masalah, tahap pattern recognition, 85,94% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu mengenali pola, 84,38% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu menyaring informasi, dan tahap algorithm 43,75% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu dalam mengembangkan langkah. 2) peserta didik dengan kategori tinggi dengan nilai di atas 35,49 sebanyak 4 peserta didik dengan persentase sebesar 15%, Peserta didik dengan kategori sedang dengan nilai diantara 8,48 dan 35,49 sebanyak 21 peserta didik dengan persentase 78%, dan peserta didik dengan kategori rendah dengan nilai di bawah 8,48 terdapat sebanayak 2 peserta didik dengan persentase 7%, dengan persentase rata-rata pada tiap indikator didapatkan kemampuan computational thinking peserta didik pada indikator decomposition yaitu 13,27%, pattern recognition 46,60%, abstraction 21,30%, dan algorithm 7,41% yang dimana indikator algorithm menjadi indikator dengan persentase terendah.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507002027 | T169886 | T1698862025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available