Text
KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS AI (ARTIFICIAL INTELLEGENCE) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis Artificial Intellegence (AI) pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AI yang digunakan adalah Symbolab. Siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 1 Indralaya Selatan tahun ajaran 2024/2025 berpartisipasi dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dari hasil tes tertulis dan wawancara. Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem-Based Learning (PBL) dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang disesuaikan dengan tiga indikator kemampuan berpikir aljabar: (1) aktivitas generational, (2) aktivitas transformational, dan (3) aktivitas level-meta global. Berdasarkan hasil tes tertulis yang telah dilaksanakan siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 1 Indralaya Selatan masih berada pada kategori sedang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas kemampuan berpikir aljabar yang paling sering muncul adalah aktivitas generasional dan aktivitas transformasional, sedangkan untuk aktivitas yang jarang muncul adalah aktivias level-meta global.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507002021 | T170044 | T1700442025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available