Skripsi
EFEKTIVITAS KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBANGUN KARAKTER KREATIF PESERTA DIDIK DI SMPN 49 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam membangun karakter kreatif peserta didik di SMPN 49 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik SMPN 49 Palembang dengan jumlah 257 peserta didik dengan sampel berjumlah 152 orang. Dalam penelitian ini sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling tipe propostionate stratified random sampling dengan dasar teori yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket, dan wawancara. Berdasarkan analisis data dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa efektivitas kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam membangun karakter kreatif peserta didik di SMPN 49 Palembang dikategorikan cukup efektif. Sebagian besar responden menilai kegiatan ini cukup baik, meskipun ada yang menilai kurang efektif dan sebagian lainnya menilai sudah baik. Hal ini diperkuat oleh hasil wawancara yang mengungkapkan bahwa kreativitas peserta didik dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Karakter kreatif peserta didik ditunjukkan melalui peningkatan kemampuan dalam mencetuskan gagasan yang relatif baru, seperti menemukan cara untuk memecahkan masalah, menguraikan kalimat dengan lancar, serta mengalihkan persoalan lain secara fleksibel. Kata Kunci; Efektivitas; Projek_Penguatan_Profil_Pelajar_Pancasila; Karakter Kreatif
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003616 | T176550 | T1765502025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available