Text
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL POWTOON TERINTEGRASI PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING PADA MATERI TEKS DESKRIPSI KELAS VII SMP NEGERI 2 PALEMBANG
Perkembangan teknologi pada saat ini sudah berkembang sangat meningkat, dengan adanya teknologi dapat membantu dalam setiap kegiatan apapun salah satunya penggunaan media audio visual yang bisa digunakan ketika proses pembelajaran karena media juga menjadi bentuk berkembangnya teknologi. Peneliti ini bertujuan untuk : (1) untuk mendeskripsikan hasil dari analisis kebutuhan guru dan peserta didik; (2) untuk dapat menghasilkan rancangan media audio visual powtoon terintegrasi pendekatan Cullturally Responsive Teaching ; dan (3) mendeskripsikan hasil validasi ahli. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian Research and Development (RND) ADDIE , prosedur penelitian dan pengembangan tersebut meliputi; (1) penelitian dan pengumpulan data yang dilakukan kepada peserta didik dan guru ; (2) perencanaan; (3) pengembangan bentuk awal produk; (4) Validasi produk oleh ahli; (5) revisi produk dari hasil validasi produk . Berdasarkan hasil dari validasi ahli materi, media dan bahasa bahwa dari validasi ahli materi memperoleh presentase 75% atau dalam kategori ( layak), validasi ahli media memperoleh presentase 86,67% atau dalam kategori (sangat layak), validasi ahli bahasa memperoleh presentase 95,45 % atau dalam kategori ( sangat layak). Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media audio visual powtoon terintegrasi pendekatan Culturally Responsive Teaching yang terdiri dari tiga aspek pengembangan, yaitu materi, media, bahasa. Kelayakan media audio visual powtoon terintegrasi pendekatan Culturally Responsive Teaching dari hasil validasi ahli materi, media, bahasa sangat layak dan sangat layak untuk dapat dikembangkan guru untuk preserta didik. Kata Kunci : Media audio visual, Powtoon, Culturally Responsive Teaching, Teks deskripsi
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507001942 | T169862 | T1698622025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available