Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TEKS PROSEDUR BERBASIS APLIKASI TOONTASTIC 3D KELAS VII DI SMP NEGERI 1 TALANG KELAPA
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Toontastic 3D dalam materi teks prosedur untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Talang Kelapa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan dari Borg & Gall serta Alessi & Trollip. Data dikumpulkan melalui teknik kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif diperoleh melalui teknik wawancara dengan Peserta didik dan guru Bahasa Indonesia. Data kuantitatif diperoleh melalui penyebaran angket yang menunjukkan bahwa dari 20 pertanyaan peerta didik memilih Sangat Layak (85%), Layak (10%), Tidak Layak (5%), Sangat Tidak Layak (0%), peserta didik membutuhkan Toontastic 3D pada materi teks prosedsur. Data kualitatif diperoleh melalui teknik wawancara dengan guru Bahasa Indonesia dan 2 peserta didik kelas VII. Selanjutnya dilakukan tahap perancangan dengan membuat flowchart dan storyboard yang mana hal ini mengacu pada rumusan tujuan pembelajaran Toontastic 3D ini dirancang dengan fitur interaktif seperti gambar animasi video, dan teks serta tambahan audio yang menarik. Pada tahap pengembangan menghasilkan tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan, pengembangan media pembelajaran, validasi oleh para ahli, serta uji coba kepada guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan lembar validasi ahli. Pada bidang media memperoleh nilai (88,89%) dengan kategori Sangat Layak. Pada bidang bahasa memperoleh nilai (97,5%) dengan kategori Sangat Layak. Pada bidang materi memperoleh nilai (92,5%) dengan kategori Sangat Layak Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Toontastic 3D mendapat penilaian sangat layak dari para ahli dan tanggapan positif dari siswa serta guru. Penggunaan aplikasi ini membantu meningkatkan pemahaman, minat belajar, serta kemampuan menulis teks prosedur siswa karena fitur animasi dan audio yang interaktif. Dengan demikian, Toontastic 3D dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang lebih efektif di kelas VII SMP. Kata-kata kunci: Media Pembelajaran, Toontastic 3D, Teks Prosedur
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507001941 | T169859 | T1698592025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available