Text
PENGEMBANGAN LKPD IPA KONTEKS ETNOSAINS DAERAH PAGARALAM MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SMP
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA berbasis etnosains pada materi suhu dan kalor di SMP, dengan fokus pada kearifan lokal daerah Pagaralam. Pengembangan LKPD ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang valid dan praktis sehingga dapat membantu siswa memahami konsep suhu dan kalor dalam konteks budaya mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif Tessmer yang meliputi Self Evaluation, Expert Review, One-to-one Evaluation, dan Small Group Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang tinggi, dengan rata-rata hasil validasi ahli sebesar 93,46% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Selain itu, hasil uji coba kepraktisan menunjukkan bahwa LKPD ini sangat praktis digunakan dalam pembelajaran, dengan rata-rata hasil One-to-one Evaluation sebesar 89,77% dan Small Group Evaluation sebesar 89,62%. Integrasi etnosains dalam pembelajaran membantu siswa lebih memahami materi dengan menghubungkannya ke fenomena sehari-hari di lingkungan mereka, seperti proses pembuatan ikan masak ghuas, pembuatan lemang, dan penjemuran kopi di Pagaralam. Berdasarkan hasil penelitian ini, LKPD yang dikembangkan dapat menjadi alternatif bahan ajar yang relevan dengan budaya lokal serta mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap konsep suhu dan kalor.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507001945 | T169393 | T1693932025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available