Text
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PBL – STEM MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PALEMBANG
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran PBL – STEM pada materi barisan dan deret aritmetika. Metodepenelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang terdiri dari 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas X.4 SMA Negeri 3 Palembang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model PBL – STEM pada materi barisan dan deret aritmetika terkategori sedang dengan persentase pencapaian 72.48%. Indikator kemampuan pemecahan masalah yang memiliki kemunculan tertinggi yaitu melaksanakan rencana sebesar 90,8%. Sedangkan, indikator kemampuan pemecahan masalah yang memiliki kemunculan terendah yaitu memeriksa kembali sebesar 39,94%. Dalam pengerjaan soal, secara keseluruhan sebagian besar peserta didik dapat memenuhi empat indikator kemampuan pemecahan masalah dengan baik. Namun, pada indikator merencanakan penyelesaian dan memeriksa kembali siswa masih melakukan kesalahan yaitu kesalahan menuliskan rencana penyelesaian, dan tidak melakukan pengecekan ulang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507001956 | T169786 | T1697862025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available