Text
IDENTIFIKASI TINGKAT REGULASI ANAK UNTUK KESIAPAN MASA TRANSISI KE SD DI ILIR BARAT 1 PALEMBANG
Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat regulasi diri anak usia 5-6 tahun di wilayah Ilir Barat 1 Palembang sebagai indikator kesiapan mereka dalam menghadapi masa transisi ke sekolah dasar (SD). Regulasi diri, yang meliputi kontrol perilaku, motivasi diri, dan otonomi diri, merupakan aspek fundamental dalam penyesuaian akademik dan sosial di lingkungan sekolah formal. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner daring berskala Likert 1-5 yang dibagikan kepada 27 orang tua siswa dari satu satuan PAUD di wilayah Ilir Barat 1 Palembang, yaitu TK AMELIA, pada tanggal 9-19 November 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas anak (88,89%) memiliki tingkat regulasi diri Sedang, sebagian kecil (11,11%) berada pada tingkat Rendah, dan tidak ada yang tergolong kategori Tinggi. Analisis dimensi menunjukkan skor rata-rata tertinggi pada Kontrol Perilaku (Mean=26,96), diikuti Otonomi Diri (Mean=18,67), dan skor terendah pada Motivasi Diri (Mean=14,85). Temuan ini mengimplikasikan perlunya perhatian pada pengembangan seluruh aspek regulasi diri anak di wilayah Ilir Barat 1 Palembang, dengan fokus khusus pada peningkatan motivasi diri sebagai fondasi penting dalam keberhasilan transisi ke SD. Penelitian lebih lanjut dengan melibatkan sampel yang lebih luas dari berbagai satuan PAUD di Ilir Barat 1 Palembang disarankan untuk mendapatkan gambaran yang lebih representatif. Kata Kunci: Regulasi Diri
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003308 | T174360 | T1743602025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available