Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK MELALUI METODE PROYEK DI PAUD KB ANANDA PALEMBANG
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama anak melalui metode proyek di PAUD KB ANANDA. Manfaat dari penelitian ini memberikan pengetahuan kepada anak berkaitan dengan kemampuan kerjasama. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis MC Taggart setiap siklusnya meliputi: tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Sampel yang diteliti 14 anak. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dengan menggunakan lembar ceklist. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan kerjasama terdapat: pada pra siklus 1 anak dengan kategori BSB (0%), siklus I sebanyak 2 anak dengan kategori BSB (0%) dan siklus II sebanyak 8 anak dengan kategori BSB (57%). Dapat dikatakan mengalami peningkatan kemampuan kerjasama, dari siklus I ke siklus II sebanyak 8 anak dengan kategori BSB (57%), kesimpulannya bahwa metode proyek mampu meningkatkan kemampuan kerjasama. Untuk itu disarankan kepada guru utuk menerapkan pembelajaran metode proyek pada anak. Kata-kata kunci : Kemampuan Kerjasama, Metode Proyek, Anak Usia Dini
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003293 | T174416 | T1744162025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available