Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAAMBOOZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Baamboozle terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan Pnacasila di SMP Negeri 19 Palembang, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimental design jenis Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII dengan jumlah 388 peserta didik, dengan sampel penelitian kelas VII.1 sebagai kelompok eksperimen dan VII.3 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 72 peserta didik diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji independent sample ttest dengan bantuan SPSS versi 27 didapatkan nilai signifikansi sebesar < 0,001 < 0,05, maka keputusan yang diambil adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Baamboozle terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan Pancasila di SMP Negeri 19 Palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003235 | T174079 | T1740792025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available