Text
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN BOOK CREATOR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VIII SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 2 INDRALAYA
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar e-modul berbasis project based learning berbantuan book creator yang valid, praktis, serta memeiliki efek potensial terhadap kreativitas peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan di SMP Negeri 2 Indralaya dengan melibatkan peserta didik kelas VIII sebagai subjek penelitian. Desain penelitian ini menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, waltrought, angket, observasi, dan dokumetasi. Berdasarkan hasil analisis data, uji kevalidan e-modul melalui penilaian ahli dengan teknik walthrough, diperoleh hasil rata-rata 80% untuk aspek materi dengan kategori valid, 93,3% pada aspek babahsa dengan kategori sangat valid, dan 95,8% untuk aspek media dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan pada tahap one-to-one evaluation memperoleh hasil rata-rata 91,1% dengan kategori sangat praktis, dan 93,3% untuk tahap small gorup evaluation-. Selanjutnya hasil uji efek potensial pada tahap field test pertama memperoleh rata-rata skor 89,6% dengan kategori sangat kreatif dan pada field test pertemuan kedua memperoleh rata-rata skor 90,4% dengan kategori sangat kreatif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis project based learning berbantun book creator dinyatakan valid, praktis, serta memenuhi efek potensial terhadap keterampilan kreativitas belajara peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Digital, Project Based Learning, Book Creator, Kreativitas
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003234 | T174077 | T1740772025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available