Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFIKASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis gamifikasi terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X dengan jumlah 172 peserta didik, sampel diambil menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling dengan total sebanyak 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji Repeated Measures ANOVA, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 ≤ 0,05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran berbasis gamifikasi terhadap motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis gamifikasi dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran inovatif bagi pendidik di satuan Pendidikan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003233 | T173900 | T1739002025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available