Text
PENGGUNAAN DONGENG MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL-FALAAH
Penelitian ini menguji efektivitas dongeng matematika dalam meningkatkan kemampuan berhitung awal pada 14 anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Falaah Desa Pulau Semambu. Menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart, penelitian dilakukan dalam dua siklus. Siklus I menerapkan teknik mendongeng dasar dengan konsep bilangan, menghasilkan 42,9% anak mencapai kategori "Berkembang Sesuai Harapan" (BSH) dan 21,4% mencapai "Berkembang Sangat Baik" (BSB). Siklus II memperkenalkan intervensi yang ditingkatkan termasuk permainan angka interaktif dan pembelajaran teman sebaya, yang secara signifikan meningkatkan hasil menjadi 85,7% BSB.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan dongeng matematika dapat meningkatkan kemampuan berhitung awal anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Falaah Pulau Semambu. Adapun implikasi penelitian ini yaitu, mampu mengembangkan aspek bahasa (menambah kosa kata anak, meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara), pada aspek motorik (menstimulasi, koordinasi mata dan tangan). Kata Kunci:Dongeng Matematika, Kemampuan Berhitung Awal, Anak Usia 5-6 Tahun
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003247 | T174335 | T1743352025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available