Text
PENGARUH MEDIA PUZZLE BERGAMBAR TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK B TUNAS MUDA LAHAT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain puzzleterhadap kecerdasan anak usia 5-6 tahun di TK B Tunas Muda Lahat. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dengan desain one shot case study. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 18 anak, yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 6 anak perempuan yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t satu sampel. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t yang diperoleh yang menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,25 > dari ttabel 1,74 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan bermain puzzle terhadap kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di TK B Tunas Muda Lahat. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mengembangkan aspek lainnya seperti pada aspek kognitif melatih kemampuan berpikir simbolik, melatih kemampuan memecahkan masalah, pada aspek motorik halus yang melibatkan gerakan otot-otot kecil di mana koordinasi antara mata dan tangan, pada aspek sosial membantu mengatasi rasa malu dan takut, serta membantu mengatasi gangguan kelancaran berbicara. Kata kunci: Bermain Puzzle, Kecerdasan Emosional, Anak Usia 5-6 Tahun
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003170 | T174298 | T1742982025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available