Text
ANALISIS SOAL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA) BUATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa literasi sains siswa Indonesia masih berada di bawah rata-rata internasional. Salah satu faktornya adalah terbatasnya latihan soal yang mendorong keterampilan berpikir kritis dan analitis. Seiring berkembangnya kecerdasan buatan seperti ChatGPT, muncul peluang baru untuk menghasilkan soal berbasis literasi sains. Namun, kualitas soal buatan AI ini masih perlu dikaji secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kualitas soal PISA yang dibuat oleh ChatGPT-4, meliputi analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memetakan potensi dan keterbatasan penggunaan kecerdasan buatan dalam mendukung pengembangan asesmen pendidikan. Metode yang digunakan adalah pendekatan mixed methods dengan analisis kualitatif terhadap konten soal dan analisis kuantitatif menggunakan model Rasch. Data diperoleh dari dokumentasi soal, uji coba kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 55 Palembang, serta validasi oleh ahli materi dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar soal memiliki validitas tinggi (>80%), reliabilitas yang baik, serta variasi tingkat kesukaran dan daya pembeda yang memadai. Temuan ini menunjukkan bahwa ChatGPT memiliki potensi sebagai alat bantu inovatif dalam pembuatan soal berbasis PISA, dengan catatan perlu adanya verifikasi ahli untuk memastikan kualitas akhir.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003176 | T174144 | T1741442025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available