Skripsi
PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM CAMBRIDGE TERHADAP BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum Cambridge terhadap berpikir tingkat tinggi peserta didik di SMA Negeri 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X dan XI Cambridge dengan jumlah 96 peserta didik diambil menggunakan teknik non probability sampling dengan total sampel sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang dilakukan menggunakan uji One Sample T-Test didapatkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,001 ˂ 0,005. Penerapan kurikulum Cambridge yang mempengaruhi berpikir tingkat tinggi peserta didik terlihat dalam kerangka kurikulum Cambridge pada pilihan mata pelajaran yang luas dan aspek berpikir tingkat tinggi pada level evaluasi, dengan mencerminkan prinsip-prinsip teori pembelajaran kontruktivis dimana peserta didik dianggap sebagai pembelajar aktif yang membangun pengetahuan dan pengalaman untuk mengejar minat mereka baik dibidang sains, seni, dan bahasa. Maka keputusan yang diambil adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan kurikulum Cambridge di SMA Negeri 1 Palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003529 | T175928 | T1759282025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available