Skripsi
JARINGAN SOSIAL PENJUAL CIMORY PEREMPUAN (MISS CIMORY) DI KANTOR CIMORY CENTER 2 KARANG RAJA, KOTA PRABUMULIH
Penelitian ini berfokus pada jaringan sosial penjual Cimory perempuan (Miss Cimory) di kantor Cimory center 2 Karang Raja, Kota Prabumulih. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan dan menjelaskan jaringan sosial penjual Cimory perempuan (Miss Cimory) di kantor Cimory center 2 Karang Raja dan menganalisis faktor pendukung jaringan sosial Miss Cimory. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan strategi penelitian fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teori jaringan sosial Granovetter yaitu norma (norm), kuat & lemah ikatan (ties), peran lain yang menjembatani aktor dan keterlekatan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat jaringan sosial sesama Miss Cimory, Miss Cimory dengan pelanggan, Miss Cimory dengan warung atau toko yaitu norma menghargai area penjualan, kesopanan, sikap ramah, tidak memaksa dan mengisi stok tepat waktu, ikatan kuat orang terdekat seperti keluarga, teman dan tetangga, ikatan lemah orang yang baru dikenal dan ikatan lemah persaingan. Aktor yang menjembatani teman ke dinkes, suami ke profesi dokter, teman ke guru, tetangga ke keluarganya serta aktor lain seperti keluarga dan teman sebagai jembatan ke warung atau toko. Keterlekatan sosial adanya kekeluargaan, rekan kerja saling mendukung, kegiatan Noon ceremony, Miss Cimory Bina Miss Cimory, lomba memasak, hubungan kekeluargaan dengan pelanggan, kepercayaan dan interaksi terus-menerus. Di sisi lain, terdapat pula faktor pendukung meliputi motivasi diri, dukungan orang-orang terdekat, kerjasama sesama Miss Cimory dan adanya faktor media sosial dan faktor lingkungan sekitar pada Miss Cimory pelanggan dan faktor media sosial pada warung atau toko. Kata kunci: Jaringan Sosial, Miss Cimory
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003519 | T175975 | T1759752025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available