The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT INDONESIA TERHADAP MOBIL BUATAN NEGARA TIONGKOK PADA APLIKASI X MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR

Skripsi

ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT INDONESIA TERHADAP MOBIL BUATAN NEGARA TIONGKOK PADA APLIKASI X MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR

Assiddiq, Muhammad Fajrul - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Citra barang buatan Tiongkok sejak lama dikenal negatif di masyarakat, terutama terkait kualitas produk yang dianggap mudah rusak dan kurang tahan lama. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, produk otomotif asal Tiongkok mulai memasuki pasar Indonesia dengan inovasi dan harga yang kompetitif, khususnya di segmen kendaraan listrik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen masyarakat Indonesia terhadap mobil buatan Tiongkok yang diungkapkan melalui media sosial X dengan menggunakan metode K-Nearest Neighbor (KNN). Data yang digunakan berupa tweet berbahasa Indonesia selama tiga tahun terakhir yang telah melalui proses pre-processing meliputi pembersihan data, normalisasi, case folding, tokenisasi, dan penghapusan stopword. Labeling sentimen dilakukan secara otomatis menggunakan model pre-trained IndoBERT, lalu fitur teks diekstraksi dengan TF-IDF. Algoritma KNN diaplikasikan untuk mengklasifikasikan sentimen menjadi positif dan negatif dengan parameter yang telah dioptimalkan melalui hyperparameter tuning. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia memberikan sentimen positif sebesar 93,49% terhadap mobil Tiongkok. Model KNN mencapai akurasi sebesar 86%, meskipun performa dalam mendeteksi sentimen negatif masih perlu ditingkatkan. Sentimen positif didominasi oleh faktor harga yang terjangkau dan inovasi teknologi kendaraan listrik, sementara sentimen negatif berkaitan dengan kekhawatiran terhadap kualitas produk dan layanan purna jual. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam memahami persepsi konsumen dan menjadi dasar bagi pelaku industri otomotif untuk memperbaiki strategi pemasaran dan membangun citra merek yang lebih baik.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2507003517T175909T1759092025Central Library (Reference)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1759092025
Publisher
Indralaya : Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya., 2025
Collation
xiii, 91 hlm.; ilus.; tab.; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
005.360 7
Content Type
Text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Sistem informasi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
MI
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT INDONESIA TERHADAP MOBIL BUATAN NEGARA TIONGKOK PADA APLIKASI X MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search