Text
STRATEGI GASTRODIPLOMASI INDONESIA MELALUI PROGRAM INDONESIA SPICE UP THE WORLD DI AUSTRALIA TAHUN 2021-2024
enelitian ini membahas strategi gastrodiplomasi Indonesia melalui program Indonesia Spice Up The World (ISUTW) di Australia pada tahun 2021-2024. Program ini merupakan inisiatif pemerintah Indonesia untuk meningkatkan daya saing kuliner nasional di kancah internasional, memperluas jaringan restoran Indonesia di luar negeri, serta mendorong ekspor rempah-rempah dan produk pangan olahan khas Indonesia. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan kerangka analisis Mapping and Comparing the Gastrodiplomacy Strategies dari Juyan Zhang, penelitian ini mengidentifikasi enam strategi utama yang diterapkan dalam ISUTW, yaitu Product Marketing Strategy, Food Event Strategy, Coalition-Building Strategy, Media Relations Strategy, Education Strategy, dan The Use of Opinion Leader Strategy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang paling dominan dalam promosi ISUTW di Australia adalah Product Marketing Strategy dan Food Event Strategy. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ISUTW telah berhasil memanfaatkan strategi gastrodiplomasi untuk meningkatkan eksistensi kuliner Indonesia di Australia. Program ini tidak hanya berkontribusi dalam diplomasi budaya, tetapi juga memperkuat hubungan ekonomi bilateral antara Indonesia dan Australia. Keberhasilan ISUTW di Australia menunjukkan bahwa gastrodiplomasi dapat menjadi instrumen efektif dalam meningkatkan citra nasional serta memperluas peluang ekonomi bagi Indonesia di kancah internasional.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507001907 | T169630 | T1696302025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available