Skripsi
HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dan stres akademik pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sriwijaya. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara variabel gaya belajar dengan stres akademik pada mahasiswa program studi bimbingan dan konseling univeristas sriwijaya, sampel sebanyak 65 mahasiswa dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan berupa skala gaya belajar dan skala stres akademik yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, Hasil analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat gaya belajar pada kategori sedang, dan tingkat stres akademik pada kategori sedang hingga tinggi. Diperoleh nilai koefisien korelasi (r) = 0,657 dengan signifikansi 0,000 (< 0,05), yang menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan stres akademik pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sriwijaya. mahasiswa yang memahami gaya belajar mereka cenderung memiliki tingkat stres akademik yang lebih rendah. Oleh karena itu, kesadaran terhadap gaya belajar dapat menjadi strategi efektif dalam mengelola stres akademik. Kata Kunci: Gaya Belajar, Stres Akademik, Mahasiswa, Bimbingan dan Konseling, Universitas Sriwijaya
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003480 | T175734 | T1757342025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available