The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of  TANGGUNG JAWAB HUKUM PELAKU USAHA JASA PENGIRIMAN BARANG ATAS TINDAKAN MENGGANTI JENIS LAYANAN DENGAN ITIKAD TIDAK BAIK

Skripsi

 TANGGUNG JAWAB HUKUM PELAKU USAHA JASA PENGIRIMAN BARANG ATAS TINDAKAN MENGGANTI JENIS LAYANAN DENGAN ITIKAD TIDAK BAIK

Damara, Muhammad Rahmad - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Kasus perbuatan melawan hukum yang berlandaskan itikad tidak baik diantara pihak pengiriman jasa dengan pihak konsumen kerap terjadi dalam praktek penggunaan jasa. Pada penelitian ini, penulis bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pertimbangan hakim dalam Putusan Kasasi Mahkamah Agung RI Nomor 175 K/Pdt.Sus- BPSK/2021 yang memenangkan pihak konsumen, serta bentuk pertanggungjawaban pelaku usaha jasa pengiriman barang atas kerugian konsumen akibat penggantian jenis layanan dengan itikad yang tidak baik. Penelitian didasarkan pada penelitian hukum normatif, dan pihak pengiriman jasa wajib bertanggung jawab atas kerugian materiil dan immateriil kepada pihak konsumen. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan analisis (analytical approach). Bahan-bahan hukum yang dikumpulkan akan dianalisis secara kualitatif, pengamatan atau penelaahan dokumen, dikarenakan bahan-bahan hukum dalam penelitian ini mengarah pada kajian-kajian yang bersifat teoritis dalam bentuk asas-asas hukum, konsep-konsep hukum, serta kaidah-kaidah hukum. Metode deduktif digunakan untuk penarikan kesimpulan, sehingga patut dipahami bahwa berdasarkan pada teori perlindungan hukum, pelaku usaha telah melanggar atau merenggut hak pihak konsumen, sehingga menarik kepada teori pertanggungjawaban, tentunya pihak pelaku usaha wajib mempertanggungjawabkan perbuatan salah satu karyawannya, dikarenakan kesalahan tersebut merupakan bentuk dari tanggung jawab mutlak atau strict liability yang sudah sangat merugikan pihak konsumen. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Pelaku Usaha, Konsumen, Layanan Jasa, Itikad Tidak Baik.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2407000797T139098T1390982024Central Library (References)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1390982024
Publisher
Indralaya : Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya., 2024
Collation
iv, 62 hlm.; ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
340.07
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Prodi Ilmu Hukum
Layanan Jasa
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
KA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  •  TANGGUNG JAWAB HUKUM PELAKU USAHA JASA PENGIRIMAN BARANG ATAS TINDAKAN MENGGANTI JENIS LAYANAN DENGAN ITIKAD TIDAK BAIK
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search