Skripsi
HUBUNGAN SELF-MANAGEMENT DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 OKU
Self-management adalah kemampuan seseorang untuk mengatur dan mengendalikan dirinya sendiri, yang berperan penting dalam mengurangi kebiasaan menunda-nunda tugas akademik atau prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-management dan prokrastinasi akademik pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 OKU. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan sampel sebanyak 156 siswa yang dipilih secara acak berdasarkan rumus Slovin dari populasi 254 siswa. Data dikumpulkan melalui angket yang mengukur self-management dan prokrastinasi akademik, kemudian dianalisis dengan teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat self-management dan prokrastinasi akademik siswa berada pada kategori sedang, masing-masing sebesar 42% dan 40%. Nilai koefisien korelasi sebesar -0,772 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05) menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Artinya, semakin baik kemampuan self-management siswa, semakin rendah tingkat prokrastinasi akademik mereka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa self-management memiliki pengaruh yang signifikan dalam mengurangi prokrastinasi akademik pada siswa kelas X SMA Negeri 4 OKU. Kata Kunci: Self-Management; Prokrastinasi Akademik; Siswa Sekolah Menegah Atas
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003466 | T175742 | T1757422025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available