Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN DIGITAL SCRAPBOOK BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA SISWA KELAS XI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa media pembelajaran materi teks prosedur menggunakan digital scrapbook berbantuan aplikasi canva pada siswa kelas XI SMA Srijaya Negara Palembang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Namun, penelitian ini dibatasi sampai tahap Development sesuai kebutuhan peneliti. Data dikumpulkan melalui teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data kebutuhan peserta didik menunjukkan bahwa kebutuhan terhadap penggunaan digital scrapbook berbantuan aplikasi canva dalam materi teks prosedur memperoleh persentase rata-rata yaitu (78%) Data kualitatif diperoleh melalui teknik wawancara dengan guru Bahasa Indonesia. Langkah selanjutnya adalah melakukan perencanaan yang terdiri atas membuat rancangan materi, desain produk dengan membuat flowchart dan storyboard. Kemudian dilakukan pengembangan produk, uji validasi ahli, dan revisi produk. Uji validasi ahli terdiri dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil dari validasi materi memperoleh total skor 47 dengan persentase 78,3%. Hasil validasi media, memperoleh total skor 66 dengan persentase 88% Hasil validasi bahasa, mendapatkan total skor 43 dengan persentase 95,5%. Berdasarkan hasil secara keseluruhan dari ketiga validator total skor perolehan 156 dan total nilai maksimal 180 dikonversikan menjadi 86,66% sehingga dikategorikan “sangat layak”. Kata kunci:Pengembangan, media pembelajaran, digital scrapbook, teks prosedur
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507001862 | T168629 | T1686292025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available