Skripsi
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI CAHAYA DI SMPN 1 INDRALAYA UTARA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi mengenai materi cahaya yang terjadi pada siswa kelas IXA dan IXB di SMPN 1 Indralaya Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen Four-Tier Diagnostic Test. Soal yang dipakai berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Subjek penelitian adalah 58 orang siswa yang telah mempelajari materi cahaya. Variabel pada penelitian ini yaitu bagaimana miskonsepsi yang dialami oleh siswa SMPN 1 Indralaya Utara pada materi cahaya sebagai variabel independen, sedangkan variabel dependennya yaitu hasil penelitiannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih banyak siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi cahaya di SMPN 1 Indralaya Utara dengan persentase rata-rata miskonsepsi sebesar 68,39%, tidak paham konsep 15,40%, paham konsep 16,21%. Angka persentase rata-rata siswa yang mengalami miskonsepsi secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi. Persentase miskonsepsi tertinggi mengenai arah rambat cahaya dengan persentase sebesar 31,03% siswa mengalami miskonsepsi dengan kategori miskonsepsi sedang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000359 | T137662 | T1376622023 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available