Text
IMPLEMENTASI TUGAS DAN FUNGSI LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH II DALAM PROGRAM KARTU INDONESIA PINTAR KULIAH (KIP-K) DI KOTA PALEMBANG TAHUN 2024
Sebagai perpanjangan tangan dari Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi (KEMDIKTISAINTEK) di tingkat regional, LLDIKTI Wilayah II memiliki peran kunci dalam memastikan efektivitas program pemerintah, termasuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Meskipun KIP-K dirancang sebagai program bantuan pendidikan yang inklusif dan berdampak positif, implementasinya kerap menghadapi isu terkait ketidaktepatan sasaran, baik di tingkat nasional maupun lokal, seperti di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan tugas dan fungsi LLDIKTI Wilayah II dalam program KIP-K tahun 2024, dengan fokus pada Implementasi Tugas dan Fungsi LLDIKTI Wilayah II dalam Program KIP-K. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data seperti wawancara mendalam, observasi lapangan, dan analisis dokumen. Kerangka analisis didasarkan pada Model Implementasi Richard Matland (1995) yang menilai empat dimensi: ketepatan kebijakan, pelaksanaan, target penerima, dan lingkungan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, LLDIKTI Wilayah II telah menjalankan program KIP-K sesuai pedoman yang berlaku. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala seperti terkait Dinamika sosio-ekonomi Mahasiswa, Sentimental Publik terhadap LLDIKTI serta kendala teknis yang dialami oleh Perguruan Tinggi Swasta sebagai mitra pelaksana.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507001841 | T169464 | T1694642025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available