The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII

Text

PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII

Sembiring, Agina Laurencia - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan implementasi pembelajaran matematika berbasis Computational Thinking pada materi bilangan pecahan kelas VII, serta melihat hasil yang telah diperoleh dari penerapan metode tersebut. Penelitian ini berfokus pada pemahaman cara menerapkan Computational Thinking ke dalam proses pembelajaran, sekaligus menilai sejauh mana peserta didik mampu menggunakan indikator-indikator utama computational thinkin Computational Thinking selama proses pembelajaran berlangsung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VII SMP Negeri 56 Palembang. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai instrumen, termasuk angket, lembar kerja peserta didik, tes tertulis, dan pedoman wawancara, yang kemudian dianalisis untuk mendapatkan gambaran mengenai efektivitas penerapan Computational Thinking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan indikator Computational Thinking yang meliputi dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma dapat diterapkan secara efektif dalam pembelajaran bilangan pecahan. Hasil tes terkategori sedang, dengan 6 siswa berkategori tinggi, 20 siswa sedang, dan 6 siswa rendah. Sebagian besar peserta didik menunjukkan kemampuan yang cukup baik, dengan 48,96% siswa menguasai keterampilan dekomposisi, 69,79% siswa menguasai indikator pengenalan pola, 38,54% siswa memahami abstraksi, dan 51,04% mampu menggunakan algoritma dalam penyelesaian masalah. Penerapan pembelajaran ini tidak hanya cukup berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bilangan pecahan, terbukti dari 62,50% siswa yang mencapai kategori sedang, tetapi juga menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan aktif, di mana siswa merespon dengan antusias terhadap pembelajaran berbasis Computational Thinking. Kata kunci : Matematika, Computational Thinking, Bilangan Pecahan.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2507001009T166554T1665542025Central Library (Reference)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1665542025
Publisher
: Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2025
Collation
xx, 62 hlm.; ill.; tab.; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.307
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Metode Pembelajaran
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
EM
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search