Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan implementasi pembelajaran matematika berbasis Computational Thinking pada materi bilangan pecahan kelas VII, serta melihat hasil yang telah diperoleh dari penerapan metode tersebut. Penelitian ini berfokus pada pemahaman cara menerapkan Computational Thinking ke dalam proses pembelajaran, sekaligus menilai sejauh mana peserta didik mampu menggunakan indikator-indikator utama computational thinkin Computational Thinking selama proses pembelajaran berlangsung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VII SMP Negeri 56 Palembang. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai instrumen, termasuk angket, lembar kerja peserta didik, tes tertulis, dan pedoman wawancara, yang kemudian dianalisis untuk mendapatkan gambaran mengenai efektivitas penerapan Computational Thinking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan indikator Computational Thinking yang meliputi dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma dapat diterapkan secara efektif dalam pembelajaran bilangan pecahan. Hasil tes terkategori sedang, dengan 6 siswa berkategori tinggi, 20 siswa sedang, dan 6 siswa rendah. Sebagian besar peserta didik menunjukkan kemampuan yang cukup baik, dengan 48,96% siswa menguasai keterampilan dekomposisi, 69,79% siswa menguasai indikator pengenalan pola, 38,54% siswa memahami abstraksi, dan 51,04% mampu menggunakan algoritma dalam penyelesaian masalah. Penerapan pembelajaran ini tidak hanya cukup berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bilangan pecahan, terbukti dari 62,50% siswa yang mencapai kategori sedang, tetapi juga menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan aktif, di mana siswa merespon dengan antusias terhadap pembelajaran berbasis Computational Thinking. Kata kunci : Matematika, Computational Thinking, Bilangan Pecahan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507001009 | T166554 | T1665542025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available