Skripsi
PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI FLUIDA DINAMIS BERBASIS STEM PADA KONTEKS BENDUNGAN PERJAYA SISWA KELAS XI SMA
Telah berhasil dikembangkan e-modul materi fluida dinamis berbasis STEM pada konteks Bendungan Perjaya siswa kelas XI SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap: tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Tahap Evaluasi dalam penelitian ini menggunakan tahap evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari tahap: self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Tingkat kevalidan E-Modul ini dinilai oleh tiga ahli, yakni satu ahli dalam aspek materi, satu ahli dalam aspek desain dan bahasa, serta satu ahli dalam aspek desain pembelajaran. Hasil uji validasi ahli e-modul pada tahap expert review didapat data aspek materi sebesar 96,76% dengan kategori sangat valid, aspek desain dan bahasa sebesar 94,21% dengan kategori sangat valid, dan aspek desain pembelajaran sebesar 96,91% dengan kategori sangat valid. Sedangkan pada tahap one to one evaluation diperoleh penilaian rata-rata sebesar 91,16% dengan kategori praktis. Pada tahap uji coba small group evaluation diperoleh hasil penilaian rata-rata sebesar 95,16% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, berdasarkan hasil data penelitian didapatkan bahwa e-modul materi fluida dinamis berbasis STEM pada konteks Bendungan Perjaya siswa kelas XI SMA yang valid dan praktis.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000329 | T1372132023 | T1372132023 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available