Skripsi
PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN HEYZINE FLIPBOOK PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI SMA BINA WARGA 1 PALEMBANG
Proses pembelajaran materi struktur atom seringkali menghadapi kendala, terutama karena materi yang abstrak dan bahan ajar yang kurang menarik. E-modul menggunakan Heyzine Flipbook dikembangkan untuk mengatasi keterbatasan bahan ajar yang monoton dan kurang mendukung pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-modul menggunakan Heyzine Flipbook materi struktur atom kelas X, yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang dimodifikasi dengan evaluasi formatif Tessmer. Proses pengembangan mengikuti lima tahapan utama, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Evaluasi formatif Tessmer terdiri atas self evaluation, one to one, expert review, small group dan field test. Hasil pada tahap expert review yang dianalisis menggunakan rumus V Aiken menunjukkan bahwa validasi media memperoleh nilai 0,891 (kategori valid), validasi materi 0,944 (kategori valid) dan validasi pedagogik 0,883 (kategori valid). Hasil uji kepraktisan pada tahap one to one menunjukkan nilai praktikalitas sebesar 82,4%, yang termasuk kategori sangat praktis. Pada tahap small group, nilai praktikalitas yang diperoleh nilai 84,08%, yang juga termasuk kategori sangat praktis. Hasil field test menghasilkan nilai N- Gain sebesar 0,89, yang termasuk kategori tinggi. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul menggunakan Heyzine Flipbook pada materi struktur atom terbukti valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran di sekolah.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407007113 | T163161 | T1631612024 | Central Library (REFERENS) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available