Skripsi
PENGEMBAGAN E-LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP
Telah berhasil dikembangkan E-LKPD berbasis kearifan lokal pada materi hukum Newton untuk peserta didik kelas VII SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap: tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Tahap Evaluasi dalam penelitian ini menggunakan tahap evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari tahap: self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Tingkat kevalidan E-LKPD ini dinilai oleh tiga ahli, yakni dua ahli menilai kesesuaian antar aspek materi aspek desain dan bahasa, serta satu ahli dalam aspek desain pembelajaran. Hasil uji validasi ahli E-LKPD pada tahap expert review didapat kesesuaian data antara aspek materi, desain dan bahasa sebesar 94,4 dan 99 dengan kategori sangat valid, dan aspek desain pembelajaran sebesar 91,66 dengan kategori sangat valid. Sedangkan pada tahap one to one evaluation diperoleh penilaian rata-rata sebesar 98,8 dengan kategori sangat praktis. Pada tahap uji coba small group evaluation diperoleh hasil penilaian rata-rata sebesar 87,25 dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, berdasarkan hasil data penelitian didapatkan E-LKPD berbasis kearifan lokal pada materi hukum Newton untuk peserta didik kelas VII SMP telah valid dan praktis. Kata kunci: E-LKPD, Kearifan Lokal, Hukum Newton
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000278 | T137740 | T1377402023 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available