Text
PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBASIS VIDEO ANIMASI BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLGENCE UNTUK PEMBELAJARAN IPAS SEKOLAH DASAR
Penelitian ini berjudul “Pengembangan Flipbook Berbasis Video Animasi Berbantuan Artificial Intellgence Untuk Pembelajaran IPAS Sekolah Dasar”. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 6 Lahat, dan Model Allesi & Trollip dipilih sebagai model pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan validitas, praktisitas dan keefektifan Flipbook sebagai media pembelajaran IPAS. Peneliti meminta bantuan kepada ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Adapun hasil dari validasi materi sebesar 3,00 ahli desain pembelajaran sebesar 4,75 dan ahli bahasa sebesar 4,9 dengan kategori sangat valid. Praktisitas flipbook dapat dilihat dari one to one test nilai sebesar 79,8% dengan kategori sangat praktis, dan small group memberikan nilai sebesar 85,2% dengan kategori sangat praktis, rata-rata 82,5% dan termasuk kategori sangat praktis. Efektifitas dari media pembelajaran flipbook dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik yang diukur melalui uji coba lapangan pada kegiatan pretest dan posttest dengan nilai sebesar 71,2%. dan Ngain sebesar 0,87 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa media flipbook berbasis video animasi valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Pengembangan, media, flipbook.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507001090 | T166971 | T1669712025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available