The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of ANALISIS KETIDAKPUASAN PASIEN PENGGUNA LAYANAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RS DR. AK GANI KOTA PALEMBANG

Text

ANALISIS KETIDAKPUASAN PASIEN PENGGUNA LAYANAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RS DR. AK GANI KOTA PALEMBANG

Tuzzahra, Aquila Haya - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Latar belakang: Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator untuk menilai kualitas pelayanan kesehatan, termasuk di RS dr. AK Gani. Namun, masih terdapat ketidakpuasan dan keluhan dari pasien, khususnya pengguna JKN, yang dapat berpengaruh buruk terhadap kunjungan kembali serta citra rumah sakit secara keseluruhan. Perbandingan antara pelayanan yang diterima dengan harapan pasien dapat dijadikan alat untuk mengidentifikasi kepuasan dan ketidakpuasan yang terjadi. Tujuan: Mengeksplorasi harapan, pengalaman, dan diskonfirmasi negatif yang menimbulkan ketidakpuasan pasien pengguna JKN terhadap pelayanan kesehatan di RS dr. AK Gani. Metode: Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dilaksanakan pada bulan Agustus – September 2024, dengan 24 informan pada unit rawat inap dan rawat jalan, meliputi pasien, kepala unit pelayanan, dan pihak manajemen mutu melalui wawancara mendalam. Triangulasi sumber dan triangulasi teknik (wawancara, observasi, dan studi dokumentasi) dilakukan untuk memastikan informasi yang didapatkan valid, kemudian dilakukan pengolahan data dengan analisis tematik. Hasil: Pasien memiliki harapan positif pada kelima dimensi. Namun, hanya dimensi assurance pada pelayanan yang diterima, yang pasien nilai sesuai dengan harapan. Pelayanan yang diterima pada dimensi tangible, reliability, responsiveness, dan emphaty belum sesuai dengan harapan pasien, dikarenakan waktu tunggu obat cukup lama, oknum perawat kurang ramah, ketidakpastian jam visite, dan fasilitas kurang memadai. Ketidaksesuaian antara pelayanan dengan harapan menciptakan diskonfirmasi negatif yang mengakibatkan terjadinya ketidakpuasan. Kesimpulan: Pasien memiliki harapan positif pada lima dimensi, namun hanya pelayanan dalam dimensi assurance yang memenuhi harapan pasien. Ketidaksesuaian pada empat dimensi lain menimbulkan ketidakpuasan pasien, untuk itu peneliti menyarankan rumah sakit memperbaiki manajemen antrian, meningkatkan keramahan perawat, dan mengevaluasi jumlah SDM untuk meningkatkan kepuasan pasien. Kata Kunci: Harapan, kepuasan, ketidakpuasan, pelayanan kesehatan


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2507001093T162909T1629092025Central Library (Reference)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1629092025
Publisher
: Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat (S2)., 2025
Collation
xv, 57 hlm.; tab.; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
613.07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
kesehatan masyarakat
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
EM
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • ANALISIS KETIDAKPUASAN PASIEN PENGGUNA LAYANAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RS DR. AK GANI KOTA PALEMBANG
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search