The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGALAMAN DAN PERSEPSI PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM SRIWIJAYA

Text

PENGALAMAN DAN PERSEPSI PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM SRIWIJAYA

Sari, Wulan Kurnia - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Latar Belakang peningkatan kualitas pelayanan kesehatan memiliki peran penting terhadap kepuasan pasien. Dalam satu dekade terakhir kepuasan pasien bergeser ke konsep pengalaman pasien, dan menjadi indikator dalam pengukuran kualitas pelayanan kesehatan dibeberapa negara. Indonesia masih jarang menggunakan pengalaman pasien sebagai pengukuran kualitas pelayanan kesehatan di Rumah sakit termasuk di RSU Sriwijaya Palembang. Tujuan untuk mengeksplorasi pengalaman dan persepsi pasien JKN terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Sriwijaya Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan 23 informan, terdiri dari 20 informan utama dan 3 informan kunci. Penelitian dilaksanakan dibulan Juli 2024 sampai Agustus 2024. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi serta telaah dokumen kemudian penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis konten dan divalidasi menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini mendapatkan tujuh tema dari pengalaman dan persepsi pasien JKN terhadap pelayanan kesehatan di RSU Sriwijaya dan kaitannya dengan kualitas pelayanan kesehatan yaitu pelayanan sesuai kompetensi, sikap pemberi pelayanan, pelayanan gizi yang sesuai, akses sarana yang mudah, prasarana memadai, komunikasi, dan pendaftaran administrasi. Kesimpulan lima dari tujuh tema yang didapatkan berdasarkan pengalaman dan persepsi pasien JKN di RSU Sriwijaya sudah sangat baik dan sesuai dengan kebutuhan pasien. Namun dua dari tujuh tema yang belum sesuai seperti komunikasi antara petugas dan pasien yang belum maksimal serta pendaftaran administrasi yang lama. Rumah Sakit diharapkan dapat membuat kebijakan tentang SOP dan evaluasi komunikasi efektif serta menambah SDM dibagian pendaftaran administrasi.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2507001085T162903T1629032025Central Library (Reference)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1629032025
Publisher
: Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat (S2)., 2025
Collation
xv, 50 hlm.; ill.; tab.; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
613.07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
kesehatan masyarakat
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
EM
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENGALAMAN DAN PERSEPSI PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM SRIWIJAYA
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search