Text
ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA DIGITAL
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa SMP kelas IX dalam menyelesaikan soal literasi matematis melalui pembelajaran berbantuan media digital berupa e-modul berbasis literasi matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas IX.2 dari SMP Negeri 13 Palembang. Instrumen penelitian ini yaitu tiga butir soal tes tertulis yang mencakup indikator kemampuan penalaran matematis, serta wawancara dengan subjek yang dipilih secara purposive sampling. Data dianalisis sesuai dengan pedoman rubrik penilaian dan dikategorikan berdasarkan kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil analisis, dari 32 siswa yang mengikuti tes kemampuan penalaran matematis, terdapat 8 siswa dengan kemampuan penalaran tinggi, 2 siswa dengan kemampuan penalaran sedang, dan 22 siswa dengan kemampuan penalaran rendah. Meskipun sebagian besar siswa masih belum mampu memunculkan seluruh indikator kemampuan penalaran, tetapi setidaknya siswa telah mampu memunculkan satu atau dua indikator kemampuan penalaran. Selain itu, pembelajaran berbantuan media digital berupa e-modul berbasis literasi matematika dengan framework PISA berpotensi untuk melatih kemampuan penalaran matematis siwa dalam menyelesaikan soal literasi matematika. Kata Kunci: Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, kemampuan penalaran, pembelajaran berbasis digital, e-modul berbasis literasi matematika
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000972 | T166751 | T1667512025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available