The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN DESMOS GRAPHING CALCULATOR PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

Text

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN DESMOS GRAPHING CALCULATOR PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

Fitri, Febby Rahmi - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Kemampuan representasi matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika karena memungkinkan peserta didik untuk memahami konsep dan mengomunikasikan ide matematis secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan representasi peserta didik dengan berbantuan Desmos Graphing Calculator. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian merupakan peserta didik SMP Kelas VIII. Pemilihan subjek terdapat 6 orang dengan 2 orang berkemampuan tinggi, 2 orang berkemampuan sedang, dan 2 orang berkemampuan rendah yang dilihat melalui hasil tes yang telah dilakukan peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025 dengan tempat penelitian di SMP Negeri 1 Lempuing Jaya. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan representasi matematis yang mencakup aspek visual, simbolik, dan verbal dan setelah itu dilakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata kemampuan representasi matematis peserta didik tergolomg sedang dengan 10 peserta didik berkategori kemampuan representasi tinggi, 11 peserta didik berkategori kemampuan representasi sedang, dan terdapat 8 orang peserta didik berkategori kemampuan representasi rendah. Desmos Graphing Calculator membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambarkan dan menginterpretasikan grafik persamaan garis lurus. Selain itu peserta didik lebih mudah memahami hubungan antara parameter persamaan garis (m dan c) dengan bentuk grafiknya. Kata kunci : kemampuan representasi, Desmos Graphing Calculator, persamaan garis lurus.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2507000971T166728T1667282025Central Library (Reference)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1667282025
Publisher
: Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2025
Collation
xiii, 123 hlm.: ilus., tab.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.307
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Metode Pembelajaran
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
EM
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN DESMOS GRAPHING CALCULATOR PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search