Text
ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN DESMOS GRAPHING CALCULATOR PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
Kemampuan representasi matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika karena memungkinkan peserta didik untuk memahami konsep dan mengomunikasikan ide matematis secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan representasi peserta didik dengan berbantuan Desmos Graphing Calculator. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian merupakan peserta didik SMP Kelas VIII. Pemilihan subjek terdapat 6 orang dengan 2 orang berkemampuan tinggi, 2 orang berkemampuan sedang, dan 2 orang berkemampuan rendah yang dilihat melalui hasil tes yang telah dilakukan peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025 dengan tempat penelitian di SMP Negeri 1 Lempuing Jaya. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan representasi matematis yang mencakup aspek visual, simbolik, dan verbal dan setelah itu dilakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata kemampuan representasi matematis peserta didik tergolomg sedang dengan 10 peserta didik berkategori kemampuan representasi tinggi, 11 peserta didik berkategori kemampuan representasi sedang, dan terdapat 8 orang peserta didik berkategori kemampuan representasi rendah. Desmos Graphing Calculator membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambarkan dan menginterpretasikan grafik persamaan garis lurus. Selain itu peserta didik lebih mudah memahami hubungan antara parameter persamaan garis (m dan c) dengan bentuk grafiknya. Kata kunci : kemampuan representasi, Desmos Graphing Calculator, persamaan garis lurus.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000971 | T166728 | T1667282025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available