Text
IMPLEMENTASI PSM DAN NPS DALAM PELAYANAN PADA PAJAK 5 TAHUNAN DI KANTOR SAMSAT UPTB PALEMBANG 1
ABSTRAK Pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang signifikan. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pelayanan pada pajak 5 tahunan untuk meningkatkan kesadaran dan kemudahan masyarakat dalam membayar pajak. Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan mempermudah proses pembayaran pajak. Dengan demikian, kebijakan pelayanan pada pajak 5 tahunan diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi kebijakan pelayanan pada pajak 5 tahunan di Samsat UPTB Palembang 1. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Samsat UPTB Palembang 1 telah berhasil menerapkan prinsip-prinsip pelayanan publik yang baik dan memprioritaskan kepentingan masyarakat, dengan 11 indikator implementasi kebijakan pelayanan pada pajak 5 tahunan. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan pelayanan pada pajak 5 tahunan di Samsat UPTB Palembang 1 adalah aksesibilitas, tarif dan biaya, kualitas pelayanan, sistem elektronik, dan visi dan misi. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan pajak 5 tahunan dan meningkatkan pendapatan daerah. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Pelayanan Pajak 5 Tahunan, Samsat UPTB Palembang I
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003058 | T173595 | T1735952025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available