Skripsi
UPAYA DIPLOMASI PUBLIK UNESCO MELALUI SEVENTEEN DALAM MEMBANTU ISU KEPEMUDAAN DAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN
Isu kepemudaan dan pendidikan merupakan konsep kompleks yang dihadapi oleh generasi muda dalam konteks global yang menunjukkan adanya keterbatasan dan kesenjangan terhadap akses pendidikan berkualitas dan program pemberdayaan pemuda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya diplomasi publik UNESCO melalui SEVENTEEN dalam membantu isu kepemudaan dan pendidikan berkelanjutan diseluruh dunia. Penelitian menggunakan konsep diplomasi publik menurut Mark Leonard yang terdiri dari tiga dimensi yaitu News Management, Strategic Communication, dan Relationship Building. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus pada studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa diplomasi publik UNESCO melalui kolaborasi dengan SEVENTEEN sebagai Goodwill Ambassador for Youth telah berhasil dalam memperkenalkan dan mempromosikan isu kepemudaan serta pendidikan berkelanjutan di tingkat global. Melalui kampanye "Going Together", UNESCO memanfaatkan pengaruh besar SEVENTEEN sebagai grup musik internasional yang memiliki audiens muda yang luas untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan berkelanjutan serta mendorong partisipasi aktif generasi muda dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan. Keberhasilan upaya ini terbukti melalui publikasi media internasional, manajemen narasi positif terkait kontribusi global SEVENTEEN, tingginya engagement di media sosial pada setiap postingan kolaborasi, serta konferensi pers internasional yang memperkuat misi UNESCO dalam menyebarkan pesan-pesan tentang kepemudaan dan pendidikan berkelanjutan secara lebih luas. Penelitian ini menunjukkan bagaimana kekuatan budaya pop dapat menjadi sarana efektif dalam menyampaikan pesan-pesan penting suatu organisasi internasional secara global. Kata Kunci: Diplomasi Publik, UNESCO, Kepemudaan, Seventeen, Pendidikan, Kpop
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507002570 | T172130 | T1721302025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available