Text
PENGARUH LITERASI DIGITAL, UNDERUTILIZED TALENT DAN HUMAN ERROR TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN DENGAN PENGEMBANGAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA PEGAWAI DINAS PERDAGANGAN PROVINSI DI WILAYAH SUMATERA BAGIAN SELATAN)
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi digital, bakat yang kurang dimanfaatkan (Underutilized Talent), dan kesalahan manusia (Human Error) terhadap efektivitas pelayanan, dengan pengembangan diri sebagai variabel moderasi. Studi ini dilakukan pada pegawai Dinas Perdagangan Provinsi di wilayah Sumatera Bagian Selatan dengan sampel sebanyak 207 responden, yang dipilih menggunakan teknik Stratified Random Sampling (SRS). Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modelling - Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pelayanan. Pegawai dengan literasi digital yang baik cenderung melaksanakan tugas dengan lebih efisien dan akurat, yang mengurangi kesalahan dan meningkatkan kepuasan pengguna jasa. Sebaliknya, temuan bahwa Underutilized Talent dan Human Error tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas pelayanan, menambah kompleksitas dalam memahami peran Underutilized Talent dan Human Error dalam konteks pelayanan publik. Pengembangan diri terbukti memperkuat hubungan antara literasi digital dan efektivitas pelayanan. Pegawai yang aktif dalam pengembangan diri lebih mampu memanfaatkan literasi digital untuk meningkatkan kinerjanya. Namun, pengembangan diri tidak secara signifikan memoderasi hubungan antara Underutilized Talent dan Human Error terhadap efektivitas pelayanan. Penelitian ini menyarankan peningkatan program literasi digital, pemanfaatan maksimal dari bakat pegawai, serta pengurangan Human Error melalui pelatihan dan pengembangan diri berkelanjutan sebagai langkah untuk meningkatkan efektivitas pelayanan di Dinas Perdagangan Provinsi di wilayah Sumatera Bagian Selatan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003340 | T174152 | T1741522025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available