Skripsi
TANGGUNG JAWAB HUKUM TERHADAP SELLER TIKTOK SHOP ATAS KETIDAKSESUAIAN PRODUK DENGAN VIDEO PROMOSI
Fenomena ketidaksesuaian produk dengan video promosi di TikTok Shop menjadi isu populer dimana menimbulkan kerugian bagi konsumen dan persoalan hukum terkait tanggung jawab seller dalam memastikan keakuratan informasi produk yang ditayangkan. Seller kerap menggunakan strategi pemasaran yang menarik tetapi produk yang diterima tidak sesuai dengan tampilan visual video. Tujuan penelitian ini menganalisis tanggung jawab hukum seller atas ketidaksesuaian produk dengan video promosi dan peran platform TikTok Shop dalam memberikan sanksi dan mengawasi kepatuhan seller. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan, konseptual dan studi kasus. Data yang dianalisis secara kualitatif untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai isu hukum yang diteliti. Penelitian menunjukkan bahwa seller bertanggung jawab secara hukum termasuk kaitannya dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, UU ITE dan PP PMSE. Sementara TikTok Shop berperan dalam menegakkan kepatuhan seller melalui pengawasan dan sanksi. Pelanggaran dapat berujung pada ganti rugi berupa pengembalian dana atau pengembalian barang, namun jika seller menghindari tanggung jawabnya konsekuensinya peringatan hingga pemblokiran akun. Adapun mekanisme penyelesaian sengketa terlebih dahulu dilakukan melalui mediasi, lalu pengaduan pada platform TikTok Shop hingga ke jalur litigasi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507002419 | T171559 | T1715592025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available