Text
PENGEMBANGAN PENGUKURAN HASIL TES KEBUGARAN JASMANI CABANG OLAHRAGA SENAM KREASI PADA SISWA FASE D SMP NEGERI 4 PALEMBANG BERBASIS APLIKASI
Kemajuan teknologi dan pendidikan diharapkan dapat membantu guru dalam menciptakan dan menghasilkan media yang praktis dan efisien untuk digunakan. Penelitian ini menerapkan metode pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap utama: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa aplikasi yang berfungsi untuk mengukur hasil tes kebugaran jasmani dalam cabang olahraga senam kreasi. Hasil dari penelitian ini adalah produk media berupa aplikasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 4 Palembang yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini divalidasi oleh 3 ahli, yang pertama ahli media yaitu IT Prodi Pendidikan jasmani (84,7%) ahli materi dari guru SMP Negeri 4 Palembang (88,5%) ahli Bahasa dari Sekretaris prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (84%) Menggunakan angket dari berbagai macam pertanyaan. Dari ketiga ahli terdapat rata-rata (86%) Aplikasi pengukuran hasil tes kebugaran jasmani senam kreasi ialah alat bantu media untuk mengukur beberapa komponen tes yang layak digunakan. Namun dari uji statistik uji coba dengan uji normalitas sebesar 0,089, dan uji homogenitas sebesar 1.000 dan uji independent samples Test sebesar 1.000 di dapat Kesimpulan bahwasannya pengukuran hasil tes kebugaran jasmani cabang olahraga senam kreasi berbasis aplikasi yang dikembangkan serta diuji kevalidan dan keefektifannya dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000913 | T166723 | T1667232024 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available